Sunday, May 12, 2013

Makeup Addiction


Maapkeun stunning readers, ambo baru sempet bikin tulisan lagi :3 due to “kebebasan ” menulis yang sangat-sangat terhambat akhir-akhir ini sehubungan dengan status mahasiswa tingkat akhir yang harus segera diakhiri *mewek bombay*. Oke despite that “unreasonable” reason, sebenernya baaaanyaaaakk banget yang pengen ambo bagi lewat blog ini. Semangaaaatt J
kali ini ambo mau posting hal yang cukup cewek banget. Taptararaararaaaapp
yap, it’s about using a makeup product on your daily activities. Sebelumnya, taukah kamu yang disebut makeup?, sudah sadarkah kamu buat pentingnya makeup? Apasih bedanya makeup dan skin care yang kadang orang cuek aja bilang pokoknya yang ditempel2in di muka itu sama-sama makeup?. Oke satu-satu yaa tanyanya, yak dimulai dari mbak yang diujung sana, silakan apa pertanyaannya. LOL.

Pertama ambo mau jelaskan, kita sebagai wanita yang telah diciptakan sebagai mahluk paling indah dan pasti cinta keindahan, tentu perlu merawat tubuh kita dengan baik. Untuk apa? Bukan untuk memikat lawan jenis atau apapun tuduhan negatif yang teralamatkan pada kita selama ini. Bukan. Itu lebbay dan intimidasi sekali. Satu-satunya alasan yang kita harus cam kan pada diri kita adalah kita merawat tubuh untuk menghargai pemberian tuhan, keindahan yang sudah Tuhan titipkan pada kita, yang harus kita jaga dan pasti dirawat sebaik-baiknya.
Ibaratnya begini gals, kalo kita kasih hadiah boneka ke sahabat atau adik kita, dalam hati kita yang terdalam tentu kita berharap boneka itu bisa jadi benda representative kita buat dia. Dan pasti kita berharap boneka itu dirawat, disimpen dengan baik, dimainin untuk menghibur mereka ato sekedar buat temen bobo’. Sedih gak sih kalo boneka yang kita kasih ternyata dibiarin gitu aja, berdebu, kotor, bahkan mungkin sedikit rusak. Bayangkan boneka tadi adalah kulit tubuh yang dititipkan Tuhan sama kita, betapa kita sungguh tidak menghargai pemberianNYA, mungkin Tuhan bisa aja murka, ati-ati loh. Mihihii.


Penting lagi kita tau bahwa merawat kulit jadi sehat itu memberikan mood yang baik buat kita, everyday!. As simple as that? Iyapp coba aja. Misalnya kita lagi badmood, kadang make hand cream aja terus cium aromanya udah bisa bikin kita seger lagi. Ato sebelum tidur pake sleeping mask bikin kita tidur lebih nyaman dan pulas karena percaya kulit kita terawatt selama kita tidur. 

  vs 

Oke kita sudah satu pendapat nih yaa, merawat tubuh, merawat kulit termasuk kulit wajah itu untuk menghargai pemberian Tuhan. Titik. Next mungkin ini bahasan yang cukup menarik, yaitu beda skin care dan makeup.

Skin care sesuai arti dalam bahasa indonesianya yaa artinya perawatan kulit. Yap fungsinya adalah membuat kulit kita lebih sehat, radiant, bisa jadi lebih mencerahkan dan menjadikan kulit kenyal tanpa wrinkle dan juga spotless. Untuk yang berjerawat bisa untuk mengurangi tumbuhnya jerawat, untuk kulit yang dull bisa membuat lebih cling cling mulus hhahhaaha. Oke intinya untuk memperbaiki struktur kulit asli kita menjadi seperti yang kita harapkan dan menjaganya untuk tetap sehat.


Sedangkan makeup adalah produk kosmetik yang menjadikan kulit terawat kita menjadi lebih baik secara tampilan dan makeup ini bersifat dekoratif yang artinya memerlukan tehnik dan pengalaman dalam penggunaannya. Makeup diperlukan bukan ketika seseorang merasa buruk rupa, tidak!!. Tidak ada seorangpun wanita di dunia ini diciptakan dengan buruk rupa, every woman has their own beauty, jadi percayalah kalo kita semua cantik. Tapi terkadang seorang wanita ingin tampilan yang berbeda dalam event-event khusus, seperti pesta, bekerja, maupun hang out bersama teman-temannya. Masing-masing memerlukan tehnik riasan yang berbeda-beda.

Tentu tidak mungkin kita menggunakan makeup setebal untuk ke pesta pada waktu kita hanya akan berbelanja ke minimarket di dekat rumah. Makeup memang tidak selalu dibutuhkan, tergantung masing-masing personal menganggap perlu atau tidak kah bermakeup. Makeup bukan untuk menipu, misalnya pipi yang chubby menjadi tirus karena makeup dianggap orang tersebut menipu. Bukan, tujuan kita adalah membuat diri kita menjadi senang dengan perubahan bentuk wajah yang kita harapkan, wajah yang bukan kita sehari-hari dan membuat orang lain juga bahagia melihat kita bahagia. Itu saja. Bukan dengan jalan oplas yang efeknya lebih permanen karena ketidak puasan yang terkumulasi pada bentuk wajah. Kadang kita hanya ingin sesekali merubah penampilan agar lebih fresh,.
Dan sekali lagi makeup bukan topeng, topeng yang menutupi kepribadian kita yang asli, bukan menjadikan kita wanita sebagai budak makeup yang tidak bisa lepas dari makeup sedikitpun, tidak, makeup semata-mata untuk meningkatkan mood kita, membuat kita bahagia, atau untuk yang telah bersuami untuk membahagiakan suami kita. Kalo dia bahagia atas apa yang kita lakukan, itu sama saja dengan beribadah loh, pahala dan surga jaminannya J. Sekarang bayangkan betapa bahagianya suami kalo pulang disambut dengan istri yang sabar dan cantik, pasti capek abis kerja ilang semua. Kalopun ada yang nekat goda-goda, pasti mikir, ngapain mau sama yg goda kalo dirumah ada yg lebih cantik, jelas dan sudah halal. Ya kan gals?


Banyak memang tuduhan miring tentang cewek-cewek yang bermakeup. Sudahlah kesampingkan itu semua and just be your self, lakukan apa yang kalian suka, lakukan apa yang menurut kalian baik dan bisa kalian pertanggung jawabkan. Kalo tujuan kalian jelas bermakeup untuk apa, kenapa harus takut atau khawatir. Ingat kadang apa yang diucapkan manusia gak sama dengan apa yang ada di hatinya.
Pernah suatu saat teman nanya sama ambo, kenapa hobi banget pake eyeliner dan lipstick? Ambo jawab ini hobi aja, buat naikin mood jadi apapun yang ambo lakuin akan ambo lakuin dengan riang, semangat seharian, kalo mungkin hobimu belanja kamu juga akan melakukan hal yang sama kan? Dia diam, tapi ngeliatnya udah kayak nyinyirin ambo gitu. Tapi ambo sama sekali gak gubris tatapan itu. Tau apa yang terjadi berbulan-bulan kemudian? Dia mulai kenal dunia yang asyik di makeup, dia minta ajarin praktek langsung gimana caranya gambarin eyeliner yang pas buat dia. It’s oke for spreading beauty and attitude. Jadi jangan pernaj judge orang semau kalian kalo emang gak tau. Apa yang kamu lihat kadang bukan kenyataan yang sebenarnya, mata dan pikiran punya keterbatasan untuk menjelaskan apa yang terjadi. Lebih baik kita belajar memahami, menerima, bahwa perbedaan-perbedaan diantara kita  pasti akan selalu ada.  Pengertian terhadap orang lain mungkin akan jadi solusi yg paling wise.



Sekarang dunia kecantikan sudah berkembang sebegitu gencarnya, pendapat yang memandang miring gadis-gadis bermakeup mulai dikikis pelan-pelan. Banyak tutorial perawatan wajah dan juga makeup di situs kesayangan kita youtube.  Lagian kalo kita bisa makeup sendiri gak perlu mahal-mahal bayar ongkos salon kan, lebih hemat dan lebih ngerti apa yang kita mau. Yuk belajar menghargai diri, wajar ko’ kalau kita menggunakan make up, bahkan menurut ambo skin care merupakan kewajiban yang gak akan pernah lepas dari keseharian kita. 


Bukan lebay yaa, oke orang bilang “cantik itu hatinya bukan tampilan luarnya” tapi apakah semudah itu praktiknya? Silahkan jawab dengan hati kecil masing-masing deh. Lagipula bukankah orang yang merawat kulitnya selain enak dipandang juga memperingatkan kita untuk selalu bersyukur pada yang kuasa. Mungkin pepatah yang lebih enak didengar itu “cantik luar dalam” kali yaa mihihihi. CMIIW stunning readers. Tulisan ini bukan ambo buat untuk menggurui, tapi sekedar share, mengingatkan kita pentingnya menjaga anugerah indah yang tuhan titipkan, yaitu kulit. Stay stunning babe.

No comments:

Post a Comment